Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Jualan Online Tanpa Modal yang Efektif di 2022

Cara bisnis Online Tanpa Modal yang Efektif di 2022. Mempunyai bisnis sendiri adalah impian dari sebagian besar masyarakat dikarenakan peluang untuk dapatbekerja dengan lebih fleksibel dan dapat mengambil keuntungan dari bisnis tersebut untuk diri sendiri.
Cara Jualan Online Tanpa Modal yang Efektif di 2022


Banyak dari mereka yang memulainya dengan menjadi karyawan atau pekerja di perusahaan dan badan usaha milik orang lain terlebih dahulu, dengan harapan nantinya mereka dapat mengumpulkan uang untuk dijadikan modal usaha.

Sayangnya, kebanyakan justru malah terjebak di dalam apa yang sering disebut sebagai zona nyaman dan juga banyak pula yang justru kebingungan untuk memulai bisnis saat mereka sudah berhasil mengumpulkan uang untuk modal.

Di sisi lain, seiring dengan berkembangnya teknologi terutama dalam bidang digital dan internet, peluang untuk seseorang membuka suatu bisnis justru semakin terbuka, bahkan lebih luas dari biasanya.

Bisnis-bisnis tradisional yang cenderung “offline” pun semakin banyak yang tergerus dengan pesaing-pesaingnya yang datang dari dunia online, atau bahkan muncul kolaborasi-kolaborasi baru antara keduanya, di mana salah satunya adalah yang dikenal dengan toko online.

Dengan jualan di toko online, kamu tidak perlu menyewa tempat secara fisik, dan hanya perlu menyewa tempat secara online yang biayanya sangatlah jauh lebih murah dibandingkan lokasi fisik.

Ditambah tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia yang semakin tinggi dalam melakukan transaksi online menjadikan bisnis jenis ini semakin sering diincar dan banyak dijalankan oleh beragam kalangan.

Justru itulah yang menjadi rintangan utamanya, di mana kemudahan memasuki dan menjalankan bisnis online menjadikan persaingan semakin ketat dan tentunya akan semakin berat.

Cara Bisnis Online Tanpa Modal di Tahun 2022

Bicara soal modal tersebut, bisnis online juga membuka peluang untuk seseorang membuka usaha di dunia digital dengan modal yang sangat minim atau malah tanpa memerlukan modal.

Karenanya, pada artikel ini admin blog juragandesa akan membahas mengenai cara jualan online tanpa modal yang efektif untuk kamu yang berminat membuka bisnis online tetapi tidak atau belum mempunyai modal yang cukup di tahun 2022 ini.

Beberapa cara bisnis jualan online tanpa modal yang dapatkamu coba lakukan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper adalah salah satu cara bisnis jualan online tanpa modal yang cukup efektif dan dapat menghasilkan keuntungan bagi kamu yang memahami strategi dalam melakukannya.

Apa itu Dropshipper ?

Pada dasarnya menjadi seorang dropshipper berarti kamu menjual produk milik suatu toko, distributor, atau bisnis lainnya yang kemudian setiap pesanan akan mereka proses dan kirimkan langsung kepada pemesannya tanpa melibatkan kamu.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencari dan mengelola pelanggan-pelanggan yang memesan kepada kamu, kemudian kamu akan melakukan pemesanan kepada toko pilihan kamu, dan segala urusan produksi, kemasan, serta pengiriman akan diurus oleh toko atau usaha tempat kamu memesan produk tersebut.

Faktor-faktor penting dalam menjadi Dropshipper

Faktor-faktor terpenting yang harus anda perhatikan apabila kamu ingin menerapkan cara bisnis jualan online tanpa modal menggunakan metode Dropship antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Pastikan toko atau usaha tempat kamu memesan sudah terjamin kualitasnya, mulai dari kualitas produk hingga pengirimannya,
  2. Pastikan kamu juga memahami mengenai produk yang kamu tawarkan, dikarenakan nantinya kamu yang akan melayani tanya-jawab serta diskusi terkait produk dengan calon pelanggan,
  3. Pastikan kamu tidak salah dalam menentukan harga jual, terutama apabila produk yang dijual mengikuti kurs mata uang asing seperti dollar yang dapatberubah-ubah setiap saat, sehingga sangat perlu kamu pertimbangkan dengan matang.
  4. Pastikan kamu juga mengetahui berapa besaran biaya pengiriman yang dikenakan oleh toko atau usaha tempat kamu memesan.
2. Menjadi Reseller Online

Serupa tapi tak sama dengan metode Dropshipper, cara bisnis jualan online tanpa modal selanjutnya adalah dengan menjadi seorang Reseller atas produk atau jasa yang ditawarkan secara online.

Perbedaan yang paling mendasar Reseller dengan Dropshipper adalah pada sistem Reseller biasanya kamu diawajibkan untuk membeli produk dalam jumlah besar terlebih dahulu sehingga kamu akan mendapatkan harga diskon, kemudian jual kembali produk tersebut kepada pelanggan kamu dengan harga normal atau yang sesuai kemauan kamu.

Berarti bukan tanpa modal dong? Tidak juga, karena kalau kamu mau mencari dan belajar, biasanya banyak yang menawarkan program reseller tanpa perlu mengeluarkan modal awal sama sekali dan yang kamu perlu lakukan hanyalah mencari klien.

Yang banyak menawarkan program Reseller tanpa modal tersebut biasanya adalah perusahaan jasa, seperti jasa pendaftaran domain website, jasa penyewaan web hosting, jasa pembuatan website, jasa percetakan, jasa sablon kaos satuan, atau bahkan penjualan pulsa elektrik dan pembayaran listrik PLN.

Kamu harus memulai dari kecil terlebih dahulu apabila ingin menerapkan metode Reseller ini, dan kamu harus mencari klien-klien yang percaya menyerahkan uang mereka kepada kamu di muka, untuk kemudian baru kamu membelinya di penyedia produk atau jasa pilihan.

Faktor-faktor penting dalam menjadi Reseller Online

Jasa akan lebih mudah ditawarkan dengan konsep Reseller karena harga mereka kebanyakan tidak sama antara satu dan yang lainnya, namun kamu perlu memperhatikan faktor-faktor berikut:
  1. Pastikan kualitas layanan dari si penyedia jasa sudah kamu ketahui sebelumnya dan kalau perlu kamu sudah mencobanya sendiri,
  2. Pastikan penyedia jasa mudah dihubungi,
  3. Selalu konfirmasikan terlebih dahulu berapa harga layanan dari si penyedia jasa terkait ekbutuhan dari calon pelanggan.
3. Menjual Kemampuan Kamu

Apabila menurut kamu metode Dropshipper dan Reseller terlalu berisiko, cara bisnis jualan online tanpa modal lainnya yang dapatkamu lakukan adalah menawarkan kemampuan kamu atas suatu bidang.

Misalnya kamu mahir menggunakan Photoshop, maka coba tawarkan jasa desain grafis kepada calon pelanggan, atau misalnya kamu mengerti cara membuat website, maka tawarkanlah jasa pembuatan website kepada yang membutuhkan.

Banyak hal yang dapatkamu tawarkan menggunakan metode ini, terutama apabila kamu adalah seseorang yang serba bisa, mulai dari desain grafis, edit video, membuat website, atau bahkan jasa yang memerlukan aktivitas fisik seperti service TV, AC, mesin cuci, kulkas, dan lain sebagainya.

Faktor-faktor penting dalam menjadi penjual jasa

Tentunya dalam menerapkan cara bisnis jualan online tanpa modal yang satu ini ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Hargai diri kamu dengan layak, pastikan kamu menetapkan tarif yang sesuai dengan kualitas jasa yang kamu tawarkan.
  2. Kepuasan pelanggan paling utama, meskipun metode lain juga perlu mempertimbangkan ini, tetapi apabila kamu menawarkan kemampuan kamu secara pribadi kepada orang lain, tentunya ini akan menjadi faktor yang paling penting.
  3. Tidak selalu berorientasi kepada profit, meskipun ini penting, tetapi yang utama dari menawarkan jasa adalah memastikan pelanggan senang akan layanan kamu dan merekomendasikannya kepada teman-teman mereka atau bahkan memesan kembali.
Selanjutnya kami tidak akan membahas cara bisnis jualan online tanpa modal dari segi jenisnya melainkan dari segi media apa saja yang dapatkamu gunakan untuk berjualan yang kami rasa efektif di tahun 2022 ini.

4. Manfaatkan Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang paling efektif dalam menerapkan cara bisnis jualan online tanpa modal, terutama di tahun 2022 ini dikarenakan jumlah penggunanya yang sangat banyak dan gratis dalam membuat akun.

Setelah menentukan apakah kamu ingin menjadi Dropshipper atau Reseller, segera bukalah akun di Instagram dan mulailah menawarkan produk atau jasa tersebut dengan brand kamu sendiri sehingga pembaca akan lebih percaya kepada kamu.

5. Manfaatkan Facebook

Disamping instagram, Media Sosial Facebook juga adalah salah satu cara bisnis jualan online tanpa modal yang efektif karena, seperti halnya dengan Instagram, tidak memerlukan biaya apapun untuk membuat akun di Facebook (kecuali kuota internet).

Di dalam Facebook sendiri ada banyak cara bisnis jualan online tanpa modal yang dapat kamu coba lakukan selain melalui profil pribadi, yaitu dengan cara membuat Facebook Page (Halaman Facebook), membuat grup Facebook, dan juga melalui Facebook marketplace.

6. Manfaatkan Marketplace

cara bisnis jualan online tanpa modal lainnya adalah dengan membuka toko online pada marketlace-marletplace ternama seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan lain sebagainya.

Membuat akun di marketplace ini juga gratis, namun akan dipotong biaya-biaya tertentu jadi pastikan harga jual kamu sudah termasuk perkiraan potongan tersebut sehingga kamu tidak malah merugi.

Untuk penyedia jasa dan freelance, marketplace yang dapatkamu gunakan antara lain adalah projects.co.id, sribulancer.com, ataupun marketplace luar negeri seperti fiverr dan lain sebagainya.

7. Membuat Website Gratisan

Cara bisnis jualan online tanpa modal Selanjutnya adalah membuat website gratisan seperti melalui Blogspot atau WordPress.com yang sudah dilengkapi dengan area admin yang sangat mudah untuk kamu kelola sendiri.

Membuat website gratisan ini, terutama di blogspot dan wordpress.com, sudah mempunyai performa baik pada mesin pencari Google atau Bing, sehingga akan lebih mudah ditemukan pelanggan terutama apabila kamu membuat artikel yang banyak dicari.

8. Melalui Google My Business

Cara bisnis jualan online tanpa modal selanjutnya Apabila kamu mempunyai tempat atau lokasi (baik itu milik sendiri atau siapapun yang dapatkamu gunakan), maka menggunakan Google My Business alias Google Bisnisku adalah salah satu cara jualan online tanpa modal yang tepat.

Meskipun membuatnya gratis, tetapi syaratnya kamu harus mempunyai tempat fisik yang alamatnya dapat diverifikasi oleh tim Google. Cara ini akan membuat usaha atau bisnis kamu muncul pada saat pencarian dengan kata kunci yang sesuai dengan usaha kamu, terutama oleh mereka yang lokasinya ada di sekitar kamu sehingga sangat efektif.

9. Melalui LinkedIn

Linkedin Meskipun bukan situs untuk jualan, tetapi membuat profil usaha di LinkedIn juga akan membantu meningkatkan kredibilitas usaha kamu serta akan memperkuat kepercayaan dari para calon pelanggan.

Selain itu, kamu juga dapat membuat artikel-artikel di LinkedIn, yang dapatkamu manfaatkan untuk berbagi tips dan tutorial ataupun pengetahuan kamu terkait bisnis kamu sehingga akan terlihat lebih profesional lagi.

10. Membuat Website Pribadi

cara bisnis jualan online tanpa modal yang terakhir ini sebenarnya bukan tanpa modal sama sekali, melainkan kamu harus mengeluarkan modal awal untuk mendaftarkan domain dan web hosting yang nantinya akan diperpanjang setiap tahun atau bulan.

Meskipun butuh modal, tetapi apabila website pribadi dikelola dengan benar nantinya akan sangat menguntungkan bagi kamu dan kamu pun punya kuasa penuh atas apa saja yang akan kamu lakukan termasuk promosi.

Tips Cara Bisnis Jualan Online Tanpa Modal (Tambahan)

Untuk semakin memperkuat dan mengoptimalkan bisnis jualan online tanpa modal kamu, berikut ini akan kami berikan beberapa tips tambahan yang dapat kamu coba:
  1. Pelajari produk dan jasa dengan matang sebelum memulai, sehingga kamu akan terhindar dari kesalahan seperti salah menentukan harga jual atau tarif jasa, dan lain sebagainya.
  2. Mengintip kompetisi kamu, dan perhatikan bagaimana pesaing kamu yang tergolong sukses menerapkan promosinya, catat dan coba terapkan.
  3. Copywriting yang sesuai dengan SEO, terutama pada deskripsi produk atau jasa yang kamu tawarkan, pastikan menyelipkan kata kunci yang sekiranya sering diketik orang pada mesin pencari, tempatkan secukupnya dan jangan terlalu pendek membuat deskripsi.
Demikianlah informasi selengkapnya yang memberitahu Anda tentang pemasaran. Ini hanya beberapa keunggulan yang bisa Anda ketahui sebab masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan. Jangan ketinggalan informasi seputar riset pasar, pemasaran online, pemasaran digital dan lain-lain yang terkait dengannya yang sangat bermanfaat di blog risetpasar.id

Semoga cara bisnis jualan online tanpa modal yang efektif di tahun 2022 yang kami berikan tersebut dapat bermanfaat bagi kamu dan dapat membantu meningkatkan penjualan produk atau jasa yang kamu tawarkan.