Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aktivasi Akun Belajar id di HP

Cara Aktivasi Akun Belajar id di HP. Sebagaimana kita ketahui bahwa Kemendikbud Ristek mewajibkan seluruh guru untuk menautkan akun belajar.id ke SIMPKB sebelum tanggal 12 Maret 2022 nanti, hal ini berdasarkan Surat Edaran diinformasikan bahwa sebagai surat pemberitahuan Dirjen GTK sebelumnya, Nomor 0697/B.B5/GT.01.15/2022 tertanggal 15 Februari 2022 perihal Akun belajar.id sebagai SSO SIMPKB, disebutkan bahwa pemanfaatan akun dioptimalkan menjadi layanan satu akun untuk semua dengan konsep Single Sign On (SSO) pada SIMPKB yang sedianya terhitung mulai tanggal 12 Maret 2022, diperpanjangn waktunya hingga 12 April 2022. (Baca: Surat Edaran Perpanjangan Waktu Penautan Akun belajar.id pada SIMPKB)

Namun sebelum menautkan akun belajar.id, Bapak/Ibu guru harus melakukan aktivasi akun belajar.id terlebih dahulu, hingga akhirnya bisa menautkannya ke SIMPKB.
Cara Aktivasi Akun Belajar id di HP

CARA AKTIVASI AKUN BELAJAR ID DI HP

Sebagaimana diketahui bahwa terdapat dua cara untuk aktivasi akun belajar.id, yaitu dengan menggunakan PC atau laptop dan HP Android.

Namun, pada ulasan ini admin blog juragandesa.net akan dijelaskan cara aktivasi akun belajar.id menggunakan HP Android berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Gmail Google

  • Hal pertama yang harus Bapak/Ibu guru lakukan untuk melakukan aktivasi akun belajar.id melalui HP Android yaitu aplikasi Gmail.
  • Selanjutnya silakan anda Masukan email dan password akun Gmail Anda, ketika sudah berhasil login, pilih gambar profil.
  • Kemudian pilih ‘Tambahkan akun lainnya’. setelah itu, akan muncul tampilan untuk menambahkan akun lainnya.
2. Masukkan Akun belajar.id

Selanjutnya, silakan Bapak/Ibu guru masukkan akun belajar.id dan passwordnya, kemudian pilih next.

3. Setuju

Setelah Bapak/Ibu guru memasukkan akun belajar.id, nantinya akan muncul tampilan untuk menyetujui kebijakan pengguna akun Gmail.

Hal tersebut juga bertujuan untuk mengaktivasi akun belajar.id Anda, agar dapat digunakan untuk mengajar nanti.

4. Buat Password Baru

Selain menyetujui kebijakan pengguna Google, nantinya juga akan muncul tampilan untuk merubah password, hal ini Anda merupakan kewajiban bagi Bapak/Ibu guru yang baru aktivasi akun belajar.id.

Sebab akun belajar.id yang diberikan oleh operator sekolah, masih acak, sehingga untuk mengamankan akun belajar.id Bapak/Ibu guru diwajibkan merubah password.

Perlu Bapak/Ibu guru ketahui bahwa, dalam membuat password belajar.id, pastikan password yang mudah diingat dan terdiri dari minimal delapan karakter.

Jika Bapak/Ibu guru sudah menuliskan password, maka klik ‘selanjutnya’. dan akan muncul tampilan untuk persetujuan penggunaan akun Gmail, lalu pilih ‘Saya setuju’.

5. Pilih Gambar Profil

Selanjutnya yaitu silakan Bapak/Ibu guru pilih gambar profil, hal ini bertujuan untuk memastikan akun sudah aktif.

Jika sudah aktif, maka akan muncul tampilan pesan-pesan masuk dari akun Gmail Anda.

Demikianlah penjelasan tentang langkah-langkah aktivasi akun belajar.id dengan menggunakan HP Android. Semoga bermanfaat.