Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Bisnis Online Tanpa Modal

Cara Bisnis Online Tanpa ModalSatu hal yang membuat orang enggan berbisnis adalah modal yang dibutuhkan tinggi. Untungnya, ketersediaan koneksi internet saat ini memungkinkan Anda untuk memulai bisnis online tanpa modal! Tentu saja Anda membutuhkan komputer dan koneksi internet, tetapi lebih dari itu, yang Anda butuhkan adalah ketekunan dan kreativitas Anda.

Cara Bisnis Online Tanpa Modal

Tidak ingin mengeluarkan uang sepeser pun tetapi ingin menggunakan internet untuk berbisnis? bisa! Nah, bisnis online seperti apa yang tidak membutuhkan modal? Berikut 12 bisnis online tanpa modal yang bisa Anda coba!

1. Menjadi YouTuber

Salah satu bisnis online yang paling umum tanpa dana adalah melalui video. Anda pasti sering menonton video di beberapa situs video seperti YouTube, bukan? Nah, Anda bisa menghasilkan banyak uang dengan menjadi pembuat video atau YouTuber di YouTube! Yang Anda butuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet yang kuat.

Pertama-tama, tentu saja Anda harus memiliki akun di situs video yang Anda minati. Untuk YouTube, Anda dapat membuat akun secara gratis. Setelah itu, gunakan kreativitas Anda untuk membuat video lucu. Anda bisa membuat video menggunakan webcam yang sudah Anda miliki di laptop, atau bahkan kamera smartphone Anda.

Jika Anda menginginkan kualitas video yang lebih baik, Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli kamera berkualitas tinggi, tetapi tentu saja tidak wajib membuat video online. Setelah merekam video, Anda dapat mengeditnya dengan berbagai software gratis seperti Windows Movie Maker, Lightworks, Shotcut, dan Avidemux.

Setelah video selesai, Anda dapat memonetisasi hanya dengan mendaftarkan akun YouTube Anda. Pastikan Anda membuat video berkualitas tinggi, karena video Anda mungkin tidak dapat dimonetisasi jika YouTube menganggapnya tidak pantas. Monetisasi berarti menambahkan iklan ke video Anda sehingga ketika orang mengklik atau menonton iklan tersebut, Anda mendapatkan sejumlah uang. Semakin banyak orang yang menonton video Anda dan mengklik iklan Anda, semakin banyak uang yang dapat Anda hasilkan.

2. Bisnis dropship

Pernahkah Anda mendengar istilah dropshipper? Ini adalah jenis bisnis di mana Anda menjual barang atas nama Anda, tetapi barang tersebut dikirim oleh orang lain. Misalnya, Anda memberi tahu teman Anda bahwa Anda menjual jaket. Ketika teman Anda tertarik untuk membeli jaket yang Anda jual, dia akan memberi Anda sejumlah uang. Kemudian Anda membeli jaket secara online dari pihak lain dan mereka akan mengirimkan jaket ke teman Anda. Tentu saja, harga yang Anda tetapkan akan lebih tinggi dari harga aslinya untuk mendapatkan keuntungan.

Dengan semakin banyaknya perusahaan e-commerce seperti ShopBack di Indonesia akhir-akhir ini, Anda dapat dengan mudah mengundang satu atau bahkan beberapa perusahaan untuk bekerja sama dengan Anda. Hal yang menarik dari bisnis dropshipping ini adalah Anda tidak perlu stok barang untuk memulai bisnis Anda sendiri. Jadi Anda menghemat biaya pembelian barang pajangan dan biaya sewa tempat untuk menyimpan barang tersebut. Dengan keunggulan tersebut, tidak heran jika dropshipping menjadi salah satu bisnis online tanpa modal yang paling digemari.

3. Blog atau buat situs web Anda sendiri

Suka menulis? Apakah Anda memiliki blog dengan informasi yang bermanfaat? Pertimbangkan untuk menambahkan iklan ke blog atau situs web Anda. Untuk membuat blog atau website secara gratis, Anda bisa menggunakan WordPress, Blogger, Weebly, Wix, dan beberapa layanan website builder. Setelah Anda memiliki situs web, Anda dapat menambahkan iklan menggunakan Google AdSense. Dengan ini, Anda dapat mengubah hobi menulis Anda menjadi bisnis online yang tidak memiliki banyak potensi!

Google AdSense adalah layanan Google populer yang terkait dengan iklan bergambar. Dengan mendaftarkan blog atau website Anda di Google AdSense, iklan akan muncul di blog atau website Anda. Tentu saja, Anda dapat memutuskan iklan apa yang akan ditampilkan, sehingga Anda dapat memilih iklan yang cocok dengan blog dan situs web Anda. Ketika pengunjung mengklik iklan, Anda menerima sejumlah uang.

Namun seperti halnya iklan di YouTube di atas, pastikan situs Anda berisi konten yang menarik dan populer, karena Google AdSense memiliki proses seleksi yang cukup ketat. Untuk meningkatkan peluang Anda diterima, Anda harus menggunakan domain yang diakhiri dengan ".com", meskipun itu berarti membayar setiap tahun. Jika akun Google AdSense Anda ditolak, Anda dapat mencoba mendaftar kembali setelah meningkatkan kualitas blog dan situs web Anda.

4. Menjual Informasi 

Tidak hanya barang fisik, tetapi juga informasi berguna yang bisa dijual! Dengan blog atau website, Anda bisa menjual segala macam informasi. Contohnya adalah menjual e-book (e-book) yang Anda tulis tentang suatu topik.

Dalam hal ini, Anda dapat mengonversi tulisan Anda ke PDF atau format lain setelah menulis, sehingga mudah diakses dan tidak dapat diubah oleh pihak lain. Kemudian Anda tinggal menampilkannya di website Anda dan mempromosikan tulisan Anda. Jika ada yang tertarik, Anda cukup mengirim file ke email yang berminat. Anda tidak hanya dapat menulis, tetapi Anda juga dapat menjual video pembelajaran Anda sendiri!

5. Menjadi pekerja lepas

Menjual jasa juga bisa menjadi bisnis online yang menguntungkan tanpa modal. Tergantung pada kemampuan Anda, Anda dapat membayar untuk layanan. Suka menulis? Anda bisa menjadi penulis lepas. Suka coding? Programmer freelance bisa menjadi pilihan. Apa pun kemampuan yang Anda banggakan, Anda bisa mengubahnya menjadi sumber penghasilan.

Untuk meningkatkan kemungkinan orang akan menggunakan layanan Anda, Anda dapat menggunakan situs web yang didedikasikan untuk pekerja lepas, seperti Sribulancer. Juga, Anda dapat bergabung dengan grup freelancer di berbagai media sosial. Jika Anda baru memulai, Anda harus mulai dengan pekerjaan sederhana yang tidak memerlukan biaya terlalu banyak. Saat Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman, orang akan semakin mempercayai Anda, dan Anda dapat mulai bekerja lebih keras untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi!

Bisnis online tanpa dana tersebut hanya dapat dilakukan melalui komputer dan koneksi internet. Namun, jika Anda bersedia mengeluarkan sedikit uang untuk fasilitas pendukung, seperti kamera yang lebih baik atau domain untuk situs Anda, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan bisnis Anda secara signifikan.

6. Layanan konsultasi penjualan

Merasa baik di area tertentu? Inilah saatnya Anda menjual keahlian Anda dan tidak perlu malu karena cara ini bisa menambah pundi-pundi tabungan Anda. Misalnya, jika Anda seorang ahli dan mengetahui SEO atau optimasi mesin pencari, keahlian Anda bisa mahal. Anda bisa memberikan layanan konseling online melalui berbagai saluran lho.

7. Survei Berbayar

Cara mudah lain untuk menghasilkan uang secara online adalah dengan mengikuti survei berbayar, yaitu Anda akan dibayar untuk mengisi survei. Anda tidak perlu dana, Anda hanya perlu mencari berbagai survei berbayar yang tersebar di dunia maya. Tapi hati-hati penipuan!

8. Penerjemah

Anda juga bisa memulai bisnis ini tanpa modal, Anda hanya perlu keahlian Anda. Saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemahan bahasa, baik dari bahasa asing ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya. Jika Anda lulusan sastra, Anda dapat menggunakan keterampilan ini. Tidak perlu khawatir dengan jam kerja karena Anda dapat mengatur jam kerja Anda sendiri. Tidak yakin dengan kemampuan Anda? Cobalah untuk menawarkan keahlian Anda kepada kerabat terdekat Anda terlebih dahulu, kumpulkan portofolio setelah Anda mengidentifikasi perusahaan yang membutuhkan.

9. Layanan desain

Apakah Anda suka menggambar? Kesenangan semacam ini bisa manis bagi Anda, dan Anda bisa mendapatkan uang tambahan atau lebih hanya dengan melukis atau mendesain. Sekarang banyak orang yang membutuhkan jasa desain lho. Dari mendesain logo ulang tahun hingga logo toko belanja online. Jika Anda memiliki keahlian di bidang ini, maka bisa dipastikan Anda bisa mendapatkan penghasilan tanpa mengeluarkan modal.

10. Fotografi

Sama seperti desain, fotografi adalah salah satu keterampilan yang dapat menghasilkan uang di zaman sekarang ini. Seperti yang Anda ketahui, hampir setiap momen dan peristiwa dapat diabadikan dengan sebuah foto. Jadi jika Anda menganggap ini sebagai bisnis tambahan, tidak ada yang salah dengan itu. Meski tidak 100% bebas mod, trik fotografi ini bisa sangat menggiurkan lho.

11. Manajer Media Sosial

Pernahkah Anda ingin menjadi peniru media sosial? Jika Anda suka bermain media sosial, tidak ada salahnya mencoba menjadi admin media sosial. Pekerjaannya relatif baru, tapi sangat laris, lho. Apalagi sekarang akun media sosial menjamur untuk dijual. Anda hanya perlu mengasah kemampuan untuk membuat konten yang menarik.

12. Agen penjual properti

Banyak teman, jago pemasaran? Cobalah menjadi agen real estate, bisnis ini juga bisa dikatakan tidak memiliki dana dan resiko yang rendah. Sekarang Anda bisa mencoba bisnis online juga. Ada banyak situs web yang menawarkan layanan agen real estat yang dapat Anda coba segera.