Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Daftar PKH 2022 Lewat HP, Ada Bantuan Rp4,4 Juta untuk Siswa SD-SMA

Simak cara daftar PKH 2022 di handphone, siswa SD, SMP dan SMA bisa mendapatkan bantuan Rs 4,4 lakh.

Saat ini masyarakat dapat melakukan pendaftaran PKH 2022 secara online melalui ponsel di Aplikasi Cek Bansos Kemensos untuk melihat persyaratan mahasiswa di kampus menerima bantuan hingga Rp 4,4 juta.

Cara daftar PKH 2022 online via handphone, anak sekolah bisa mendapatkan bantuan tunai hingga Rp 4,4 juta, artikel ini akan merinci semuanya di akhir.

Sebelum melakukan pendaftaran PKH 2022 secara online melalui handphone, ada baiknya mengetahui syarat dan kriteria penerimaan bantuan tunai untuk mahasiswa saat ini senilai Rp 4,4 juta.

Kriteria dan Ketentuan Penerima BLT Anak Sekolah
  • Siswa sekolah dasar atau sederajat akan menerima bantuan sebesar Rs 9 lakh asalkan ada maksimal satu anak dalam keluarga PKH.
  • Siswa SMP atau sederajat akan mendapatkan Rp1,5 juta untuk maksimal satu anak dalam satu keluarga PKH.
  • Bantuan sebesar Rp 2 juta untuk siswa SMA atau sederajat, dengan ketentuan maksimal satu anak dalam satu keluarga PKH.
Pendaftaran PKH 2022 juga dapat dilakukan secara offline, yaitu masyarakat yang tergolong miskin dapat membawa KTP dan KK untuk mendaftar di Desa/Kelurahan setempat.

Perangkat desa akan melakukan musyawarah di tingkat desa/Kelurahan untuk membahas status warga tersebut dan kelayakannya untuk diikutsertakan dalam DTKS Kemensos sebagai penerima bansos PKH tahun 2022.

Hasil musyawarah dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh kepala desa/lurah dan perangkat desa lainnya.

Dinas Sosial akan menggunakan notulen untuk memverifikasi dan memvalidasi data dengan perangkat lengkap melalui kunjungan rumah resmi.

Data yang telah divalidasi dan divalidasi kemudian dimasukkan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) oleh operator desa/kelurahan setempat.

Data yang masuk ke dalam SIKS akan diproses oleh Dinas Sosial untuk diverifikasi dan divalidasi serta dilaporkan kepada Bupati/Walikota setempat.

Selain itu, Bupati/Walikota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data yang telah disetujui kepada Gubernur untuk disampaikan kepada Menteri untuk disetujui.

Berikut cara daftar PKH 2022 secara online di aplikasi Cek Bansos dari ponsel Anda:

Siapkan handphone dengan koneksi internet, pastikan koneksi internet stabil, dan download Aplikasi Cek Bansos resmi dari Kementerian Sosial.

Aplikasi "Cek Bansos" dapat diunduh dari PlayStore di ponsel Anda.

Daftar untuk membuat akun baru dan siapkan NIK, KTP, dan KK Anda.

Ikuti petunjuk yang diberikan sampai pendaftaran selesai.

Setelah registrasi berhasil, Anda dapat mengakses layanan menu di aplikasi Cek Bansos.

Pilih Daftar Proposal untuk Daftar PKH 2022 sehingga Anda dapat menerima bantuan tunai untuk siswa saat ini sebesar Rs 4,4 lakh.

Klik "Tambah Proposal" dan sistem akan mencocokkan nama pengusul, NIK, KK, status kebugaran Dukcapil dan kebugaran berdasarkan data DTKS Kementerian Sosial.

Anda bisa memilih jenis bansos yang diinginkan dari Dinas Sosial, pilih Bantuan Sosial PKH untuk BLT anak sekolah.

Jika data Anda telah berhasil diajukan, maka akan muncul nama, NIK dan status kepatuhan Dukcapil Anda, kesesuaian untuk wilayah penyaji KK pada saat pendaftaran.

Perlu diingat bahwa masyarakat yang telah mendaftar PKH 2022 agar dapat memperoleh BLT untuk anak sekolah baik offline maupun online tidak otomatis menjadi penerima bansos.

Akan ada proses validasi dan verifikasi data untuk menentukan siapa saja yang berhak masuk ke DTKS Dinas Sosial sebagai penerima skema Bansos PKH 2022 untuk kategori BLT anak sekolah.

Anda bisa mengecek nama-nama penerima bansos PKH 2022 kategori BLT anak sekolah dengan cara;
  1. Masuk ke Cekbansos.kemensos.go.id
  2. Setelah itu pilih provinsi, kabupaten/kota, jalan, desa tempat tinggal anda sesuai KTP
  3. Masukkan nama sesuai KTP
  4. Masukkan kode 8 huruf yang tertera pada kotak yang tersedia di halaman
  5. Jika huruf kodenya tidak jelas, klik kotak kode untuk mendapatkan kode baru sampai kode hurufnya jelas
  6. Kemudian klik tombol Cari Data
  7. Sistem akan mencocokkan nama belakang penerima (KPM), wilayah yang dimasukkan, dan membandingkannya dengan nama di DTKS Departemen Sosial.

Data penerima 2022 kategori Bantuan Sosial BLT PKH Anak Sekolah akan ditampilkan pada halaman tersebut.

Berikut informasi cara daftar PKH 2022 online dari handphone, berikut cara melihat nama penerima bantuan tunai Rp 4,4 juta. ***


Artikel ini sudah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul artikel” Cara Daftar PKH 2022 Lewat HP, Ada Bantuan Rp4,4 Juta untuk Siswa SD-SMA”