Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memulai Bisnis Makanan Online

Cara Memulai Bisnis Makanan OnlineCara berjualan makanan secara online juga perlu diperhatikan saat memulai bisnis. Dengan strategi pemasaran yang baik dan dikelola dengan baik, bisnis Anda dapat berkembang. Saat berjualan makanan secara online, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memasarkannya melalui media sosial.


Setelah mendapatkan ide yang matang, Anda bisa belajar tentang pemasaran online, sekarang lebih mudah dengan beberapa aplikasi pendukung. Jualan makanan secara online sangat efektif bagi orang-orang yang sudah lama tidak memiliki toko offline, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:


Daftar cara jualan makanan online agar laris manis

1. Melalui media sosial

Ada banyak cara untuk menjual makanan kekinian secara online, salah satunya melalui media sosial seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp. Melalui media sosial, bisnis kuliner Anda bisa dikenal banyak orang dan pesanan akan banyak.

Anda bisa memanfaatkan fitur cerita dan stiker unik untuk mempercantik foto bisnis Anda yang diunggah di media sosial. Selain itu, Anda dapat menggunakan grup untuk menjual, dan grup dengan banyak orang akan memungkinkan Anda menjual langsung ke banyak orang. Seberapa efektif, bukan?

2. Foto produk komersial yang menarik

Pendekatan selanjutnya adalah membuat foto produk komersial yang menarik dan unik, dan menampilkan foto makanan yang menarik akan menjadi salah satu hal yang akan lebih mendukung bisnis Anda. Pasalnya, penampilan produk makanan online adalah yang terpenting.

Lebih baik lagi jika Anda memiliki budget lebih untuk menyewa jasa profesional untuk memotret produk Anda. Namun jika tidak punya, Anda bisa berfoto sendiri dan menggunakan beberapa aplikasi edit dan tutorial edit foto yang banyak beredar di Google dan media sosial.

3. Rilis menu baru secara teratur

Meski bisnisnya berjalan lancar, berjualan makanan secara online memiliki tantangan tersendiri karena semakin banyaknya pesaing. Untuk itu, Anda sebagai pengusaha harus terus berinovasi dan merilis menu-menu baru secara berkala. Inovasi baru ini penting agar pelanggan tidak bosan.

Langkah ini bisa menjadi eksistensi bisnis Anda dan toko Anda akan stabil dan dikenal banyak orang. Selain itu, jika inovasi makanan belum pernah ada sebelumnya dan baru di dunia kuliner, citra dan branding bisnis makanan Anda akan mudah dikenali.

4. Undang influencer makanan profesional

Ada banyak cara untuk menjual masakan akhir-akhir ini, dan salah satu cara mudah untuk menjual makanan secara online adalah dengan sering mengundang influencer untuk meninjau atau mengevaluasi bisnis makanan Anda secara profesional. Banyaknya followers seorang influencer akan mempengaruhi penjualan bisnis kuliner tersebut.

Pilih influencer dengan pengalaman dalam ulasan makanan di YouTube atau Instagram. Nantinya, video atau foto yang diunggah dapat digunakan sebagai publisitas untuk bisnis makanan Anda. Ulasan oleh orang-orang terkenal dengan pengalaman di bidangnya masing-masing akan menarik perhatian klien baru.

5. Daftar aplikasi pemesanan makanan

Trik penjualan makanan online lainnya untuk membuat bisnis memasak Anda laris adalah dengan mendaftar ke aplikasi pemesanan makanan, yang sekarang menjadi gaya hidup. Setelah populer, aplikasi pesan antar makanan ini akan sangat memudahkan transaksi untuk Anda dan pelanggan Anda.

Tidak hanya itu, bisnis Anda akan dikenal luas tanpa perlu pelanggan pergi ke toko offline untuk membeli. Cara ini cukup efisien karena bisnis Anda hanya dikenal dari daftar restoran di aplikasi yang hampir dimiliki semua orang saat ini, seperti GoFood dan GrabFood.

6. Sering promosi

Saat Anda mendaftarkan bisnis Anda di aplikasi pemesanan makanan, cara paling efisien untuk menjual makanan secara online adalah dengan sering mengikuti program promosi. Program ini umumnya berlaku dalam beberapa kondisi, dan Anda dapat menawarkan promosi atau diskon pengiriman pada acara-acara khusus.

Meski mengikuti program promosi, pastikan Anda tidak rugi gara-gara program tersebut. Pasalnya, dengan feedback dari keikutsertaan rutin dalam program promosi ini, bisnis kuliner Anda akan semakin dikenal masyarakat luas.

7. Kelola media sosial dengan tema unik

Selain memiliki media sosial, tips jualan makanan online lainnya yang perlu Anda ketahui adalah topik unik di media sosial Anda. Anda harus secara teratur memperbarui media sosial Anda dengan beberapa tema unik. Salah satunya mengikuti tren yang sedang viral dan populer.

Dengan mengikuti tren ini, Anda dapat memasarkan bisnis kuliner Anda dengan cara yang unik dan membuat calon pelanggan tertarik dengan apa yang Anda lakukan. Pastikan juga untuk membuat tema jika ada hari-hari penting seperti saat Ramadhan, Natal, Tahun Baru dan masih banyak acara lainnya.

8. Bergabunglah dengan pasar online

Saat ini banyak hal yang bisa dilakukan secara online, salah satunya adalah berjualan makanan yang biasanya diselenggarakan oleh layanan pesan antar makanan atau acara pasar khusus. Menariknya, bisnis makanan Anda akan semakin dikenal oleh semua kalangan, ditambah dengan diskon-diskon menarik.

Pasar online ini umumnya diadakan pada hari-hari penting seperti kemerdekaan, tahun baru, dan hari jadi kota. Itu kesempatan yang bisa kamu manfaatkan untuk membuatmu kewalahan dengan pesanan, lho. Jangan lupa untuk memasang promosi unik yang dijamin akan diperhatikan oleh pelanggan.

Bagi para pengusaha kuliner pemula, daftar cara jualan makanan online di atas bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda dan membuat bisnis makanan Anda semakin terkenal. Tidak perlu booth fisik, Anda tetap bisa berjualan menggunakan smartphone dan ilmu di media sosial masa kini.