Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Cara memulai bisnis online dari nolAda banyak cara untuk mencapai kebebasan finansial, salah satunya dengan memulai bisnis toko online dari rumah. Namun, ada beberapa cara memulai bisnis online yang harus dipahami terlebih dahulu agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.

Menjalankan bisnis online sebenarnya sulit karena banyak pesaing yang memiliki bisnis serupa. Namun jangan berkecil hati karena admin blog juragandesa.net telah menyiapkan metode bagi pemula untuk memulai bisnis online dari awal yang mudah dan menguntungkan. Ditambah lagi, trik ini tidak membutuhkan banyak modal. Lihat ini!

9 Cara Memulai Bisnis Online Dari Awal

Sebenarnya tidak ada panduan bisnis online yang mutlak. Terkadang, cara berbisnis online berbeda satu sama lain. Namun sebagai pemula, Anda bisa mengikuti panduan bisnis online blog juragandesa.net. Simak cara memulai bisnis online dari awal di bawah ini.

Cari tahu apa yang dibutuhkan pasar

Pertama, cara memulai bisnis online dari awal adalah dengan mengetahui apa yang dibutuhkan pasar. Hal ini dilakukan agar Anda bisa memenangkan pasar. Produk/layanan yang dibutuhkan komunitas untuk mengembangkan bisnis Anda. Karena pasar merasa bahwa bisnis Anda bermanfaat bagi pasar.

Jadi carilah masalah yang dihadapi pasar. Anda kemudian menentukan solusi terbaik untuk masalah mereka dengan membangun bisnis Anda. Karena persepsi konsumen bahwa masalah mereka dapat diselesaikan. Jadi pastikan Anda membangun bisnis yang memecahkan masalah pasar.

Lakukan riset pasar

Setelah memahami kebutuhan pasar, langkah selanjutnya untuk memulai bisnis online adalah melakukan riset pasar. Riset pasar dilakukan untuk mengetahui kebutuhan atau data pasar secara objektif. Oleh karena itu, informasi ini dapat menjadi pertimbangan dalam keputusan Anda.

Anda dapat memulai riset pasar dengan mencari produk/layanan populer di komunitas Anda melalui media sosial. Selanjutnya, Anda bisa mencocokkan informasi tersebut dengan data di internet.

Untuk kenyamanan Anda, gunakan Google Trends untuk melihat statistik dari produk populer. Karena biasanya statistik di Google Trends akan menunjukkan seberapa sering pengguna mencari kata kunci tersebut di mesin pencari.

Pilih produk untuk dijual secara online

Setelah melakukan riset pasar secara mendalam, cara memulai bisnis online selanjutnya adalah dengan memilih produk apa saja yang akan Anda pasarkan melalui saluran internet. Ada baiknya untuk menyeimbangkan pilihan ini dengan berbagai peluang dan risiko sebelum memutuskan suatu produk untuk dijual.

Misalnya, Anda memutuskan untuk memulai jasa kurir (jastip). Keuntungan dari jastip adalah Anda memiliki kesempatan untuk menjual produk Anda dengan beberapa pesaing lokal. Namun, kekurangannya adalah penjual jastip seringkali perlu memahami mekanisme pembelian internasional, belum lagi risiko penipuan dari agen asing.

Tentukan target konsumen

Jika Anda telah mengidentifikasi jenis produk yang Anda jual secara online, sama pentingnya untuk mengidentifikasi target konsumen Anda tentang cara memulai bisnis online Anda. Analisis dan hitung pasar seperti apa yang cocok untuk produk Anda. Mengembangkan target konsumen tertentu.

Anda juga dapat mempertimbangkan jenis kelamin, tingkat ekonomi, usia, wilayah tempat tinggal, dan lainnya. Semakin detail dan sempit target pasar Anda, semakin mudah Anda membidiknya.

Terapkan penelitian pesaing

Setelah jenis produk dan target pasar teridentifikasi, saatnya memulai bisnis! Namun, cara bisnis online yang tidak boleh Anda lewatkan pada tahap ini adalah riset pesaing. Hal ini diperlukan untuk mempelajari kekuatan dan kelemahan pesaing. Untuk menerapkan dan meningkatkan informasi dengan lebih baik dalam bisnis Anda.

Ada beberapa cara Anda dapat menganalisis pesaing Anda. Mulai dari mengecek website kompetitor, media sosial, review produk konsumen, hingga pengujian langsung produk kompetitor.

Setelah Anda memperoleh beberapa informasi penting tentang pesaing Anda, cara memulai bisnis online berikutnya adalah dengan meringkas lokasi atau profil pesaing Anda. Jadi, Anda dapat menyusun strategi untuk menempatkan merek bisnis Anda di depan pesaing Anda.

Pilih model bisnis

Memilih model bisnis adalah salah satu cara untuk memulai bisnis online dari awal. Misalnya, Anda ingin memulai bisnis toko online, tetapi tidak memiliki uang untuk persediaan. Jika demikian halnya, maka cara menjalankan toko online tanpa modal adalah dengan memilih model bisnis dropshipping/resale.

Mengadakan Promosi

Setelah model bisnis dan media pemasaran ditentukan, proses promosi dapat dilanjutkan. Ada banyak metode promosi bisnis yang bisa dilakukan dengan biaya atau gratis. Dari strategi organik, SEM, SEO hingga iklan media sosial.

Jika produk Anda dipasarkan melalui website, maka strategi SEO, SEM, Google Bisnisku hingga Google Ads semuanya bisa dioptimalkan. Namun, jika produk Anda hanya dipromosikan melalui media sosial, Anda dapat memaksimalkan konten promosi, menggunakan copywriting, iklan iklan hingga strategi lain seperti giveaway, promosi berbayar, dll.

Mempertahankan pelanggan setia

Ketika promosi Anda berhasil memenangkan konsumen, cara menjalankan bisnis online Anda adalah dengan mempertahankan pelanggan setia. Selain selalu mencari pelanggan baru, Anda juga harus menjaga pelanggan setia agar tetap tinggal dan membuat mereka puas.

Ada banyak cara untuk meningkatkan hubungan bisnis Anda dengan pelanggan Anda. Ada banyak cara untuk melakukan bisnis online untuk menjaga hubungan dengan konsumen, seperti menawarkan diskon, menawarkan harga promosi, mengajukan pertanyaan, dan menawarkan bonus yang tidak terduga.

Melakukan penilaian secara berkala

Terakhir, cara memulai bisnis online dari awal adalah penilaian rutin. Sebuah bisnis pasti ada pasang surutnya. Jangan terbawa suasana setelah bisnis Anda berkembang dan menghasilkan banyak keuntungan. Anda masih perlu terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas bisnis Anda agar bisnis terus berkembang.

Pemilik bisnis juga harus terus belajar tentang bisnis online agar bisa terus mengembangkan bisnisnya tanpa ketinggalan tren.

Demikian pembahasan tentang cara memulai bisnis online untuk pemula. Jika Anda melakukan semua cara di atas dengan benar, bisnis rumahan online Anda pasti banyak peminatnya dan menghasilkan keuntungan yang tinggi. Semoga berhasil!