Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cek Bansos Kemensos 2022 Online Lewat Link Berikut, Manfaatkan KTP untuk Dapatkan Bantuan PKH atau BPNT

Cek Bansos Kemensos 2022 Online Lewat Link Berikut, Manfaatkan KTP untuk Dapatkan Bantuan PKH atau BPNTCek bantuan sosial Kementerian Sosial 2022 secara online sekarang di tautan resmi Cekbansos.kemensos.go.id.

Pengecekan bansos bisa dilakukan dengan telepon genggam (HP) dan hanya dengan kartu tanda penduduk (KTP).

Dengan mengunjungi Cekbansos.kemensos.go.id Anda akan menemukan daftar penerima bansos kartu sembako dari PKH hingga BPNT.

Karena penerima PKH bisa mendapatkan bantuan hingga Rp3 juta dan penerima bansos Kartu Sembako BPNT juga bisa mendapatkan bantuan hingga Rp2,4.

Sebagai acuan, pemerintah akan mengaktifkan kembali dua jenis bantuan sosial pada tahun 2022, yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

BPNT atau sekarang dikenal dengan Bantuan Sosial Kartu Sembako adalah bantuan bulanan yang diberikan oleh pemerintah kepada keluarga miskin atau kurang mampu.

Bantuan ini ditujukan untuk membantu Rumah Tangga Penerima Manfaat (KPM) membeli kebutuhan pokok sehari-hari berupa beras, daging, sayur mayur dan buah-buahan.

Total BPNT Kartu Sembako adalah Rp 2,4 juta per tahun, dengan distribusi rutin bulanan Rp 200.000 ke satu KPM.



Uang tersebut nantinya dapat dibayarkan oleh KPM penerima BPNT melalui kantor pos terdekat atau PT Pos Indonesia.

Kemudian, ada skema bantuan sosial PKH yang lebih spesifik untuk kategori masyarakat miskin tertentu, seperti ibu hamil, balita, anak sekolah, lansia, dan penyandang disabilitas berat.

Setiap kategori memberikan jumlah bantuan yang berbeda sesuai kebutuhan, seperti Rp 3 juta per tahun untuk ibu hamil atau nifas.

Begitu pula dengan anak usia 0-6 tahun di bawah usia 5 tahun yang juga menerima Rp3 juta per tahun yang dibagikan secara rutin.

Kemudian untuk anak sekolah, pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp 4,4 juta yang meliputi Rp 900.000 per tahun untuk siswa SD/sederajat, SMP/sederajat Rp 1,5 juta dan SMA/sederajat Rp 2 juta per tahun.

Terakhir, penyandang disabilitas berat dan manula di atas 70 tahun berhak atas Rp 2,4 juta per kategori per tahun.

Pemerintah menyalurkan bantuan dalam empat tahap, yakni Januari, April, Juli, dan Oktober.

Penerima KPM PKH dapat membayar bantuan melalui Bank Himbara terdekat seperti BTN, BRI, BNI dan Mandiri.

CARA CEK PENERIMA BANTUAN PKH DAN SEMBAKO 2022 SECARA ONLINE

Dengan dijelaskannya bantuan PKH dan BPNT, berikut cara cek penerima bantuan PKH dan Sembako 2022 secara online;
  • Akses link Cekbansos.kemensos.go.id melalui browser HP.
  • Siapkan KTP untuk mengisi informasi.
  • Sesuai KTP di provinsi, isikan alamat tempat tinggal pada kolom Kabupaten hingga Desa.
  • Isi nama lengkap sesuai KTP.
  • Masukkan kode alfanumerik 8 digit sesuai gambar yang muncul.
  • Klik Cari Data untuk melihat hasil pencarian.
Jika data yang dimasukkan sesuai dengan database DTKS maka akan muncul informasi seperti nama penerima, umur dan jenis bansos.

Namun jika data tidak sesuai maka akan muncul hasil pencarian berupa "Peserta Tidak Terdaftar/PM".

Jika hal ini terjadi, Anda dapat mendaftar ke DTKS sehingga nantinya akan terdaftar sebagai penerima PKH atau BPNT untuk kartu Sembako Anda.

Pendaftaran ke DTKS dapat dilakukan secara langsung dengan mendatangi kelurahan setempat atau secara online menggunakan aplikasi Cek Bansos.

Berikut informasi cara melihat bantuan sosial tahun 2022 dari Kemensos secara online dengan KTP di link Cekbansos.kemensos.go.id dan petunjuk bantuan sosial PKH dan BPNT untuk kartu Sembako.

Artikel ini Telah Tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan Judul "Cek Bansos Kemensos 2022 Online Lewat Link Berikut, Manfaatkan KTP untuk Dapatkan Bantuan PKH atau BPNT"