Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar Bansos yang Cair Juli 2022, Ada PKH untuk Ibu Hamil hingga Balita dan BPNT Rp2,4 juta

Daftar Bansos yang Cair Juli 2022, Ada PKH untuk Ibu Hamil hingga Balita dan BPNT Rp2,4 juta

Simak informasi daftar dana bansos yang akan disalurkan Juli 2022, pasal ini ada PKH ibu hamil untuk balita dan BPNT 2,4 juta rupiah.

Program Keluarga Harapan (PKH) dan BPNT Rp2,4 juta merupakan jenis bantuan sosial atau bansos dan dibayarkan secara berkala selama satu tahun sesuai jadwal pembayaran.

PKH disalurkan dalam empat tahap dalam satu tahun, menyasar semua lapisan masyarakat miskin atau rentan, mulai dari ibu hamil hingga anak-anak.

Jadwal pembayaran PKH adalah Januari, April, Juli dan Oktober. Dengan begitu, PKH dari ibu hamil hingga anak kecil akan dibuka kembali pada Juli 2022.

Selain ibu hamil dan balita, sasaran penerima PKH lainnya adalah penyandang disabilitas berat, lansia, pelajar SD, SMP, dan SMA.

https://www.juragandesa.net/2022/07/daftar-bansos-yang-cair-juli-2022-ada.html


Daftar Bansos yang Cair Juli 2022, Ada PKH untuk Ibu Hamil hingga Balita dan BPNT Rp2,4 juta

Sesuai peraturan pemerintah, setiap kategori penerima PKH akan menerima bantuan tunai langsung atau BLT dengan nama yang berbeda.

Berikut rincian kategori penerima PKH dan jumlah yang diterima:

1. Kategori ibu hamil mendapatkan BLT sebesar Rp3 juta.

2. Balita usia 0-6 menerima Rp 3 juta.

3. Kategori Senior mendapat Rp 2,4 juta

4. Kategori disabilitas berat akan mendapatkan Rp 2,4 juta.

5. Rp 2 juta untuk kategori pelajar SMA.

6. Siswa sekolah menengah menerima Rs 1,5 lakh.

7. Siswa SD menerima Rp 900.000.

Berbeda dengan PKH, BPNT dibayarkan setiap bulan kepada mereka yang terdaftar sebagai Rumah Tangga Penerima Manfaat (KPM).

BPNT, kependekan dari Bantuan Pangan Non Tunai, adalah bantuan sosial yang dirancang untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi dan pangan masyarakat miskin atau rentan.

BPNT dibayarkan secara tunai kepada KPM dengan nilai nominal Rp 200,00 per bulan, sehingga total bantuan yang diterima dalam satu tahun adalah Rp 2,4 juta.

Meski terbit secara rutin mulai Januari hingga Maret, BPNT akan terbit kembali setiap bulan mulai April 2022.

Untuk menjadi penerima PKH dan BPNT Rp 2,4 juta, masyarakat miskin atau rentan harus terdaftar dalam Data Komprehensif Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

DTKS berisi data masyarakat dengan status kesejahteraan sosial rendah sehingga berhak atas bantuan sosial yang diperkenalkan oleh pemerintah, termasuk PKH dan BPNT untuk ibu hamil kepada anak kecil sebesar Rp 2,4 juta. ***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul ”Daftar Bansos yang Cair Juli 2022, Ada PKH untuk Ibu Hamil hingga Balita dan BPNT Rp2,4 juta