Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Buya Yahya 'Turun Gunung' soal Wasiat Dorce Gamalama: Bukan Dihinakan Kemudian Dilaknat!

Buya Yahya 'Turun Gunung' soal Wasiat Dorce Gamalama: Bukan Dihinakan Kemudian Dilaknat!

                                 Buya Yahya 'Turun Gunung' soal Wasiat Dorce Gamalama: Bukan Dihinakan Kemudian Dilaknat!
Selebritis senior Dorce Gamalama, belum lama menyita perhatian publik usai dikabarkan tidak sadarkan diri.
Keadaan Dorce Gamalama yang tadinya sudah membaik, rupanya tiba- tiba turun ekstrem sehingga buatnya wajib kembali menempuh perawatan intensif di rumah sakit.

Baru- baru ini, presenter kondang Dorce Gamalama, membuat publik gaduh soal wasiatnya yang dimakamkan selaku perempuan. Kemauan Dorce juga langsung menuai beragam respon dari netizen, namun tidak sedikit cacian yang menghantam artis senior itu.

Ramainya cemoohan yang datang untuk aktris, sekaligus pembawa acara kondang itu, Buya Yahya hingga turun tangan. “ Seseorang pria yang lahir pria, setelah itu dirubah jadi wanita, hakikatnya ia senantiasa pria. Cara merawat jenazahnya pria, sebab ia bukan wanita sesungguhnya,” ucapnya.

Tidak cuma itu, Buya Yahya pula mengatakan kalau ada beberapa orang yang memang memiliki ujian dalam identitas sejatinya. “ Hanya dibuatkan alat seperti alat wanita, tidak hendak berganti jadi wanita( utuh) kecuali yang terbukti kelaki- lakiannya ataupun perempuannya,” kata Buya Yahya. Ada orang yang lahir tidak jelas ia pria ataupun perempuannya, karena alatnya gak jelas, tetapi kadangkala berjalannya waktu itu nampak hormon ke- lakian nya, seluruhnya dilihatkan kepada ahli,” katanya lagi.

Secara tegas, Buya Yahya berkata bila laki- laki yang berganti jadi wanita senantiasa dikira selaku laki- laki. “ Ia tetap ahli iman, bukan keluar dari iman, jika wafat ya semoga Allah ampuni. Kalau yang hidup jangan tiru sebab besar dosanya, tetapi jika telah wafat jangan di dosa- dosakan wong dia orang beriman kok,” tuturnya.

Meski begitu, Buya Yahya juga kecewa dengan caci maki yang diarahkan kepada Dorce Gamalama terkait wasiatnya itu. “ Bila terdapat sahabat yang lagi diuji oleh Allah, itu kami ingin menyambungkan dengan mereka untuk mengobrol secara khusus, bukan untuk dihinakan kemudian dilaknat enggak,” ucapnya, seperti Pikiran- Rakyat. com kutip dari YouTube Al- Bahjah Televisi yang diunggah pada 27 Januari 2022.

“ Karena terdapat satu hal yang berbeda dalam dirinya yang perlu dibenahi, jadi jangan dibiasakan buat mencaci maki atau mengolok- olok,” ujar Buya Yahya lagi.***


Artiekel ini telah tayang di https://www.pikiran-rakyat.com/entertainment dengan judul “Buya Yahya 'Turun Gunung' soal Wasiat Dorce Gamalama: Bukan Dihinakan Kemudian Dilaknat!”