Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis Online

Riset pasar adalah teknik yang digunakan oleh bisnis untuk mengumpulkan dan menganalisis data/informasi yang berguna tentang bisnis mereka. Riset pasar ini penting sebelum meluncurkan bisnis dan membawa produk ke pasar.

Dengan melakukan riset pasar, sebagai seorang pebisnis, Anda akan memahami bagaimana perilaku konsumen yang menjadi target pasar Anda. Anda juga tahu berapa banyak pelanggan yang Anda miliki dan apakah mereka membutuhkan produk atau layanan bisnis Anda.

Bagi pebisnis pemula dalam bisnis online, Anda bisa melakukan riset pasar dengan cara yang cukup sederhana. Anda dapat melakukan riset sendiri dengan menghubungi atau bertemu dengan beberapa klien potensial.
https://www.juragandesa.net/2022/03/cara-melakukan-riset-pasar-untuk-bisnis.html

PERMASALAHAN PENELITIAN

Sebelum melakukan riset, Anda harus mengidentifikasi target pasar Anda berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, lokasi, dan lainnya. Identifikasi ini penting agar Anda dapat meneliti orang yang tepat nanti.

Setelah itu, siapkan beberapa pertanyaan penting bagi calon klien untuk menjawab pertanyaan yang akan Anda miliki. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan:
  • Bagaimana reaksi konsumen terhadap nama merek dan logo toko online Anda serta produk Anda?
  • Berapa banyak yang bersedia dikeluarkan konsumen untuk menggunakan produk Anda?
  • Apakah konsumen suka berbelanja online? Seberapa sering?
  • Bagaimana cara konsumen berbelanja online?
  • Apa yang penting dalam aktivitas dan proses jual beli online?
BAGAIMANA CARA MENELITI KONSUMEN

Penelitian dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti wawancara atau wawancara tatap muka, wawancara telepon, diskusi kelompok, dan survei online. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mempublikasikan survei online menggunakan alat seperti Survey Monkey, Google Forms, Wufoo, dan banyak lagi.

Namun, sebaiknya hindari bertanya kepada orang terdekat karena mereka hanya mewakili sebagian kecil pasar dan dapat memberikan jawaban subjektif.

Sebaiknya tanyakan langsung dan dapatkan jawaban jujur ​​dari orang yang tidak dikenal yang mewakili target pasar Anda.

TAWARKAN PRODUK DAN LAYANAN ANDA KE PASAR SASARAN

Untuk menguji produk dan layanan, Anda dapat menawarkan dan mempresentasikan langsung ke target pasar Anda saat melakukan survei, misalnya dengan menunjukkan situs web toko online Anda dan produk yang dijual.

Mintalah tanggapan mereka, baik positif maupun negatif. Keterlibatan aktif tentu dapat meningkatkan kualitas bisnis Anda. Dan umpan balik negatif dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan produk dan layanan bisnis Anda.

LAKUKAN RISET PESAING

Selain melakukan riset terhadap konsumen, perlu juga memahami kondisi pasar dan pesaing. Identifikasi tantangan atau ancaman di area bisnis online Anda. Data nama pesaing, jenis pemasaran yang mereka lakukan, dan berapa biaya yang mereka kenakan.

Cara termudah untuk melakukan penelitian ini adalah dengan menggunakan internet. Gunakan mesin pencari seperti Google untuk mengetahui pesaing mana yang paling banyak dicari dan mencari kata kunci yang terkait dengan produk Anda.

Dengan cara ini, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kondisi pasar dan potensi pertumbuhan bisnis online Anda. Lakukan analisis pasar dan pesaing sehingga Anda dapat mengembangkan strategi bersaing.

Bagi seorang pebisnis pemula, penelitian ini harus Anda terapkan karena informasi yang Anda dapatkan akan membantu dalam menyusun rencana pemasaran yang tepat.